Install zeos di delphi

Delphi adalah salah satu tool untuk membangun sebuah aplikasi dekstop stand alone maupun client server . ada kalanya ketika kita ingin membangun aplikasi dan  kita ingin menggunakan sebuah database, seperti ADO,MySql,SqLite, Oracle dan masih banyak lagi, zeos adalah komponen interface untuk berintaksi dengan database.

Dipostingan kali ini saya akan membahas tentang cara mudah bagaimana menginstall komponen zeos di delphi 7, silahkan ikuti langkah demi langkah proses penginstallan zeos.

  1. Silahkan download installer zeos didrive, kemudian ekstrak file zeos difolder yang aman.
  2. Setelah file zeos tadi kita ekstrak, sekarang buka delphi 7 kita
  3. Pilih pada Tools/Environment options :

2

4. Klik library dan pilih 2

2

5. Lihat gambar dibawah ini no 1. klik button kita akan dihadapkan form browse for folder (kita cari letak file zeos yang sudah kita ekstrak tadi dan pilih : Zeos703\packages\delphi7) klik button Ok, No 2. Pilih foldernya Zeos703\packages\delphi7 , No 3. Klik button Add untuk memasukan komponen kelist directori delphi No.4 Pastikan ada dua list Zeos703\packages\delphi7 dan Zeos703\packages\delphi7\build, No 5. klik Button oke dan klik OK lagi untuk penyimpanan library.

2

6. Sekarang pilih pada menu file\open : No 1. buka folder  Zeos703\packages\delphi7 No 2. Pilih tipe file Delphi (pas,bpg,dpr,dpk,dpkw). No 3. klik ZComponentDesign  No 4. Klik Button Ok.

2

7. Setelah kita open maka akan dihadapka ke form Package No 1. Klik button compile No 2. Klik button Install dan tunggu proses sampai selesai, jika ada pesan instalasi sukses berarti pemasangan komponen zeos kita telah berhasil,

2

8. Sekarang kita cek apakah sudah terinstall sempurna atau belum, sekarang kita cari di menu palate lihat gambar dibawah ini: cari zeos Access dan lihat komponennya,

2

ditahapan ini kita sudah berhasil menginstall komponen zeos pada delphi 7, pembahasan berikutnya saya akan membahas bagaimana menggunakan komponen zeos di delphi 7.

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑